• Membangun Generasi Qurani, Menggapai Ridho Illahi

    Mengenal Tipu Daya Setan



    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

           


          Segala puji bagi Allah rabb semesta alam yang telah menciptakan langit,bumi beserta isinya termasuk kita didalamnya. Shalawat dan salam semoga Allah sampaikan kepada Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam. Pada postingan kali ini akan sedikit membahas tentang tipu daya setan dalam menghasut manusia di kehidupannya sehari-hari. Karena bisa jadi tanpa kita sadari kita telah terjebak dalam tipu daya itu. Yuuuk Simaaak... :)

         Pertama yang harus kita ketahui bahwa seluruh manusia pada dasarnya berada dalam keadaan fitrah. Maksudnya adalah, bahwa semua manusia pada dasarnya beriman kepada Allah dan siap untuk mendapatkan petunjuk dari-Nya. Adapun penyimpangan yang terjadi setelahnya adalah hal yang baru dan pengaruh lain. Dalam sebuah hadist di sebutkan, "Tidak ada seorang anak pun kecuali dia terlahir dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia seorang yahudi,nashrani,atau majusi." (HR Bukhori Muslim). Oleh karena itu, kita semua bersyukur karena lahir dalam keluarga Islam dan ini merupakan sebuah nikmat yang luar biasa. :)

         Kedua, setan terus berusaha untuk menyesatkan manusia dengan berbagai cara. Di dalam hadist Qudsi di sebutkan : "Aku menciptakan hamba-hambaKu dalam keadaan beriman, lalu datang setan dan memalingkan mereka dari agama, yang halal menjadi haram, dia juga memerintahkan mereka untuk menyekutukan-Ku padahal Aku tidak menurunkan keterangan tentang itu". Di dalam Al-Quran juga di sebutkan : " Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis* di antara mereka." (TQS Shad : 82-83). *
    Yang dimaksud dengan mukhlis ialah orang-orang yang telah diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah. Naah setan aja terus berusaha untuk menyesatkan manusia, kita harus lebih semangat yaa berusaha melawan kesesatan setan.. :)

         Ketiga, diantara tipu daya setan adalah, dia sebenarnya hanya menghiasi keburukan menjadi sebuah kebaikan. Kalau kita menyangkan bahwa setan dapat memaksa kita melakukan keburukan, berarti kita telah tertipu. Kita simak ayat Al-Quran berikut ini > "Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya" (TQS Al-Hijr : 39). Di dalam ayat lain di sebutkan > "Dan ketika setan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka" (TQS Al-Anfal : 48).
    Naah teman-teman, di point ketiga ini yang banyak dari kita terjebak dengan tipu daya setan. Simak contohnya yaa: 

    - Ketika kita tidak mau berhijab, setan itu bukan memaksa kita untuk tidak berhijab, tetapi dia menghiasi bahwa tidak berhijab itu adalah hal yang baik.
    - Ketika ada yang berkeinginan pacaran, setan tidak memaksa kita untuk pacaran, melainkan dia menghiasi bahwa pacaran itu adalah hal yang baik dengan segala #modus di dalamnya.
    Banyak lagi contoh-contoh lainnya, di cari sendiri yaa.. Nanti di kumpulkan ke meja guru. hehe...

    Kita mungkin sering menyalahkan setan ketika kita sudah terperangkap kedalam jebakannya, tapi setan tidak mau di salahkan, #nahlo jadi main salah-salahan yaa.. hehe. Teman-teman bisa lihat sendiri di dalam  QS Ibrahim ayat 22.



        Keempat, ketika kita sudah bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik, ternyata setan tidak tinggal diam, dia tidak rela kalau kita jadi orang yang baik dan bertaqwa kepada Allah. Bagi mereka (para setan) ini adalah keadaan darurat dan gawat ketika ada seseorang yang ingin merubah dirinya menjadi lebih baik. Dan setan membungkus tipu daya ini dengan balutan kasih sayang, padahal didalamnya racun. Contoh tipu dayanya seperti ini, "Sebenarnya tekad kamu untuk menempuh jalan petunjuk dari  Alllah adalah rencana yang mulia, tetapi kamu melupakan bahwa ada rintangan kecil di sana yang dapat membuatmu gagal. Seandainya kamu bersabar sebentar saja dengan menunggu waktu yang tepat, maka kamu bisa mewujudkan semua kebaikan dunia dan akhirat yang kamu inginkan. Nikmati saja dulu masa mudamu dengan senang-senang."
    Kurang lebih seperti itulah tipu dayanya dan ini berbahaya sekali, dan akhirnya tekad yang sebelumnya sudah kuat bisa menurun, pada akhirnya tekad itu bisa hilang dan kita sulit lagi menemukan tekad itu, itulah yang diinginkan setan. Kita simak perkataan berikut ini > "Semangat setan menggagalkan rencana baik seseorang LEBIH BESAR dari pada semangat orang tersebut ketika akan melakukan rencana baik" (Ibnu Qoyyim rahimahullah)

    Dari empat tipu daya tersebut, ada hikmah dari penciptaan setan ini yaitu sebagai ujian dari Allah kepada hambaNya, siapakah yang benar - benar beriman, dan siapakah yang masih ragu - ragu. Teman-teman bisa lihat di dalam Al-Quran Surat Saba ayat 20-21. :)

    Demikian ulasan singkat tentang tipu daya setan, semoga setelah kita mengetahuinya kita lebih berhati-hati dalam menghindari setiap tipu  daya yang dimainkan setan. نعوذ با الله من الشيطان الرجيم

    و السلام عليكم و رحمة الله

    Sabtu, 21 September 2013 / 16 Dzulqo'dah 1434 H
    di Universitas Kehidupan
        

    1 komentar:

    1. Assalamualaikum pak ustad :)
      bisa dijelaskan lebih detail lagi gak tentang kata kata dibawah ini ? Saya kurang mengerti nih. Terima kasih :)
      Semangat setan menggagalkan rencana baik seseorang LEBIH BESAR dari pada semangat orang tersebut ketika akan melakukan rencana baik" (Ibnu Qoyyim rahimahullah)

      BalasHapus

     

    Total Tayangan Halaman

    Followers

    Kegiatan

    - TPA (Taman Pendidikan Al-Quran), - PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), - Tahsin Rumah Iqro - RIB (Rumah Iqro Berbagi) - RIM (Rumah Iqro Mandiri) - PKA (Program Kakak Asuh

    Tentang Kami

    Yayasan Rumah Iqro Insani terbentuk dari kumpulan pemuda yang peduli akan keadaan lingkungan. Berawal dari sebuah kegiatan pembinaan kepemudaan hingga terbentuknya Yayasan ini. Bervisi "Terbentuknya Masyarakat Yang Peduli, Cerdas dan Mandiri".

    Sekertariat

    Jl Lontar No 2 RT 04 RW 010. Kelurahan Tanah Baru. Kecamatan Beji. Kota Depok. 16426. Tlp 0896-2543-3403